Kamis, 06 Maret 2014

Pendekatan Lainnya dalam Menemukan Volume Bola

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul “Menemukan Volume Bola Menggunakan Pendekatan Volume Kerucut“. Apabila pada artikel sebelumnya kita menentukan rumus volume bola dengan menggunakan volume kerucut, sekarang kita akan menemukan volume bola dengan menggunakan bangun ruang sisi lengkung lainnya, yaitu tabung.
Seperti kita ketahui, rumus volume tabung sama dengan rumus volume prisma, yaitu luas alas dikalikan tinggi. Karena tabung memiliki alas yang berbentuk lingkaran, maka rumus volumenya adalah πr2t. Bagaimana menggunakan rumus volume tabung ini untuk menentukan rumus volume bola. Perhatikan ilustrasi berikut!
Volume Bola & Tabung
Dari ilustrasi tersebut dapat diperhatikan bahwa, untuk mengisi air hingga penuh ke dalam tabung yang memiliki jari-jari sama dengan jari-jari bola dan tingginya dua kali jari-jari bola, diperlukan tiga kali pengisian oleh setengah bola. Pernyataan tersebut dapat dituliskan sebagai berikut.
Rumus Volume Bola
Sehingga, rumus volume bola adalah 4/3 ∙ πr3. Untuk lebih memahami mengenai volume bola, silahkan lihat contoh soal dan pembahasannya pada arsip soal.

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

 
;