Kamis, 06 Maret 2014

Melukis Grafik Fungsi Kuadrat (Bagian I)

Fungsi kuadrat merupakan suatu fungsi yang memiliki satu variabel yang pangkat tertingginya adalah 2. Fungsi kuadrat memiliki bentuk umum f(x) = ax2 + bx + c, dengan a, b, c bilangan real dan a ≠ 0. Pada pembahasan ini akan ditunjukkan bagaimana cara melukis grafik fungsi kuadrat, khususnya grafik fungsi f(x) = x2 dan f(x) = –x2. Mengapa memilih fungsi-fungsi kuadrat tersebut? Karena fungsi-fungsi tersebut merupakan fungsi-fungsi kuadrat yang paling sederhana.
Melukis Grafik Fungsi f(x) = x2
Sebelum melukis grafik fungsi f(x) = x2, perlu diketahui bahwa semua fungsi kuadrat merupakan fungsi kontinu. Sehingga apabila dilukiskan grafik fungsinya, akan terbentuk grafik fungsi yang halus. Selain itu, fungsi f(x) = x2 merupakan fungsi genap, yaitu fungsi yang nilai f(x) = f(–x). Grafik dari fungsi genap memiliki sumbu simetri pada sumbu-y. Berikut ini langkah-langkah dalam melukis grafik fungsi f(x) = x2.
  1. Cacahlah titik-titik yang dilalui oleh grafik fungsi f(x) = x2. Karena grafik fungsi tersebut memiliki sumbu simetri pada sumbu-y, pilihlah x = – 3, – 2, – 1, 0, 1, 2, 3.
    Grafik Fungsi Kuadrat 1
  2. Lukislah titik-titik dengan koordinat (x, f(x)) pada koordinat Cartesius.
    Grafik Fungsi Kuadrat 2
  3. Hubungkan titik-titik tersebut dengan menggunakan kurva halus. Grafik yang terbentuk merupakan grafik fungsi f(x) = x2.
    Grafik Fungsi Kuadrat 3
Selanjutnya akan dilukis grafik dari fungsi f(x) = –x2. Dengan langkah-langkah yang sama dengan melukis grafik fungsi f(x) = x2 di atas, melukis grafik fungsi f(x) = –x2 dapat ditunjukkan oleh ilustrasi berikut.
Grafik Fungsi Kuadrat (Animasi GIF)


Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;