Kamis, 06 Maret 2014

Melukis Grafik Fungsi Kuadrat (Bagian II)

Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai 2 grafik fungsi kuadrat yang paling sederhana, yaitu grafik f(x) = x2 dan f(x) = – x2. Bagaimana dengan grafik-grafik fungsi kuadrat lainnya? Seperti diketahui, bentuk umum dari fungsi kuadrat adalah f(x) = ax2 + bx + c. Pada pembahasan ini akan ditunjukkan cara melukis grafik fungsi kuadrat yang memiliki nilai a = 1 (f(x) = x2 + bx + c). Dalam melukis grafik fungsi kuadrat dengan a = 1 dapat digunakan proses transformasi grafik fungsi f(x) = x2. Berikut ini beberapa jenis grafik fungsi kuadrat yang merupakan hasil transformasi dari grafik fungsi f(x) = x2.
Grafik Fungsi f(x) = (xp)2
Grafik fungsi f(x) = (xp)2, p bilangan real positif, merupakan hasil pergeseran/translasi grafik f(x) = x2 ke kanan sejauh a. Apabila fungsi f(x) = x2 memiliki sumbu simetri pada sumbu-y, maka fungsi f(x) = (xa)2 memiliki sumbu simetri pada garis x = a. Misalkan untuk fungsi f(x) = (x – 2)2 = x2 – 4x + 4. Grafik ini merupakan hasil translasi grafik f(x) = x2 ke kanan sejauh 2 satuan sehingga sumbu simetrinya adalah x = 2. Perhatikan gambar berikut:
Grafik Fungsi Kuadrat 1
Sedangkan grafik fungsi f(x) = (x + p)2 merupakan hasil pergeseran grafik fungsi f(x) = x2 ke kiri sejauh p satuan.
Grafik Fungsi f(x) = x2 + q
Grafik fungsi f(x) = x2 + q, q bilangan real positif, merupakan hasil translasi grafik f(x) = x2 ke atas sejauh q satuan. Misalkan f(x) = x2 + 3. Grafik dari fungsi tersebut merupakan hasil translasi dari grafik f(x) = x2 ke atas sejauh 3 satuan. Perhatikan gambar berikut.
Grafik Fungsi Kuadrat 2
Sedangkan grafik fungsi f(x) = x2q merupakan hasil translasi grafik f(x) = x2 ke bawah sejauh q satuan.
Tips dan Trik Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat
Dalam melukis grafik fungsi kuadrat yang berbentuk f(x) = x2 + bx + c, sebaiknya diubah dulu fungsi tersebut menjadi bentuk f(x) = (xp)2 + q. Misalkan: lukis grafik fungsi f(x) = x2 + 6x + 7. Fungsi kuadrat tersebut ekuivalen dengan fungsi f(x) = (x + 3)2 – 2. Sehingga grafiknya merupakan hasil translasi grafik f(x) = x2 ke kiri sejauh 3 satuan, kemudian dilanjutkan ke bawah sejauh 2 satuan. Ilustrasi dari melukis grafik fungsi tersebut dapat ditunjukkan sebagai berikut.
Grafik Fungsi Kuadrat (Animasi GIF)


Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;