Kamis, 06 Maret 2014

Melukis Grafik Fungsi Tangen

Pada grafik fungsi f(x) = sin x dan g(x) = cos x, nilai y-nya tidak akan kurang dari –1 dan tidak akan lebih dari 1. Bagaimana dengan grafik fungsi h(x) = tan x? Seperti kita ketahui, tan x = sin x / cos x. Untuk x = 60°, maka tan 60° = sin 60° / cos 60° = (1/2 √3) / (1/2) = √3 = 1,7320 > 1. Bagaimana dengan tan 90°? Karena cos 90° = 0, maka tan 90° tidak terdefinisi. Sehingga, x = 90° tidak memiliki pasangan di sumbu-y.
Untuk melukis grafik fungsi tangen, kita sebaiknya mendaftar pasangan-pasangan berurutan x dan y yang memenuhi y = tan x. Setelah itu plotlah pasangan-pasangan berurutan tersebut pada koordinat Cartesius dan lukislah kurva halus yang melalui titik-titik (pasangan-pasangan berurutan) tersebut. Untuk lebih memahami dalam melukis grafik fungsi h(x) = tan x, perhatikan ilustrasi berikut.
Grafik Tangen
Dari ilustrasi di atas, kita menggunakan lingkaran satuan untuk menemukan pasangan dari nilai-nilai absisnya. Cara seperti ini telah kita lakukan untuk melukis grafik fungsi trigonometri lainnya, yaitu grafik fungsi sinus dan cosinus pada pembahasan sebelumnya.

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

 
;