Kamis, 06 Maret 2014

Ilustrasi Grafik Fungsi Trigonometri

Grafik sinus dan cosinus dapat dilukis dengan memplot beberapa titik yang memenuhi fungsi tersebut. Misalkan titik-titik (0°, 0), (45°, 1/2 √2), (90°, 1) untuk fungsi f(x) = sin x dan titik-titik (0°, 1), (45°, 1/2 √2), (90°, 0) untuk fungsi f(x) = cos x. Untuk memplot titik-titik tersebut dapat digunakan lingkaran satuan sebagai panduan.
Berikut ini merupakan ilustrasi dari tracing titik-titik yang memenuhi fungsi f(x) = sin x dengan bantuan lingkaran satuan.
Ilustrasi Sinus
Dari ilustrasi di atas dapat dilihat bahwa grafik fungsi f(x) = sin x merupakan kumpulan titik-titik yang nilai ordinatnya dapat ditentukan dengan bantuan lingkaran satuan. Bagaimana dengan grafik fungsi f(x) = cos x? Apakah lingkaran satuannya sama dengan lingkaran satuan grafik fungsi f(x) = sin x? Perhatikan ilustrasi berikut.
Ilustrasi Cosinus
Dari lustrasi di atas diperoleh bahwa lingkaran satuan dari grafik fungsi f(x) = cos x berbeda dengan lingkaran satuan milik grafik fungsi f(x) = sin x. Lingkaran satuan milik grafik fungsi f(x) = cos x, sudutnya diukur dari jari-jari vertikal dari lingkaran tersebut. Penghitungan sudutnya diukur searah putaran jarum jam.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;